8 Desember 2021 3:36 pm

5 Manfaat Mendongeng Untuk Si Kecil

5 Manfaat Mendongeng Untuk Si Kecil


Mendongeng bisa jadi kegiatan quality time bersama anak, selain menyenangkan, mendongeng juga memiliki banyak manfaat lho, apa aja sih manfaatnya? Yuk, cari tahu bareng Mommin.

1. Meningkatkan kemampuan bicara dan bahasa
Setiap interaksi yang dilakukan oleh orang tua pada anak, bahkan semenjak awal kehamilan, akan direspon oleh otak anak. Mendongeng salah satu jadi kegiatan yang mampu merangsang penyerapan bahasa dan cara bicara yang kita gunakan saat mendongeng.

2. Membiasakan pola tidur sehat
Membaca di jam-jam tertentu secara konstan menimbulkan kesadaran pada anak bahwa saat waktu mendongeng tiba, maka sudah waktunya tidur. Anak akan mulai terbiasa tidur dan bangun pada jam yang sama. Tidur berkualitas sudah pasti berdampak baik bagi pertumbuhan si kecil.

3. Menambahkan minat baca
Karena terbiasa dengan dongeng dan buku, anak cenderung menganggap buku adalah hal yang menyenangkan.

4. Merangsang kreativitas
Saat dibacakan dongeng, anak secara otomatis akan memvisualisasikan alur di kepala mereka, kegiatan ini mampu merangsang kreativitas anak juga mampu meningkatkan IQ karena berusaha mengingat alur sebelumnya.

5. Mengenalkan nilai moral
Ada banyak dongeng maupun cerita rakyat yang kaya akan nilai-nilai moral dasar yang patut diajarkan pada anak-anak di antaranya kejujuran, berani, dan tulus. Anak akan merefleksikan sebab-akibat yang terjadi di dongeng secara tidak sadar hingga si kecil mampu mengerti mana yang baik dan mana yang salah.
Blog Post Lainnya
Media Sosial
Alamat
0812-8169-5438
Jln Tiong Atas no 146, Jakarta Selatan
Oriana ©- 2021