15 Maret 2022 11:13 am

IBU RUMAH TANGGA = STRESS FREE?

IBU RUMAH TANGGA = STRESS FREE?
“Enak ya jadi IRT, cuma duduk-duduk dan jagain anak.”
Hei, mulut siapa itu?! Kata siapa jadi IRT sama dengan stress free? Justru terkurung dengan pekerjaan rumah yang monoton dan mengasuh anak seharian membuat Mommies rentan akan stress dan bisa berakibat pada ‘kewarasan’ baik dalam pengasuhan anak ataupun komunikasi dengan suami.Tapi, nggak usah takut Mommies, hari ini Mommin bawa tips untuk mengatasi stress special untuk Mommies.
1. Me time
Refreshing yang paling murah sekaligus paling sulit untuk seorang ibu adalah waktu untuk diri sendiri, bahkan nggak jarang ke kamar mandi pun tetap dipanggilin anak. Tapi, me time itu diperlukan, walau hanya satu jam dalam sehari untuk menjernihkan pikiran.

Jika tidak memungkinkan untuk keluar rumah sendiri, cerilah hobi yang bisa dilakukan saat anak sedang asyik main dengan si ayah ataupun saat seluruh anggota keluarga tertidur, misalnya check out daster Oriana.
2. Join komunitas baru
Kejenuhan utama dari IRT adalah komunikasi dengan orang dewasa yang terbatas dan salah satu cara ampuh untuk mengatasinya adalah bergabung dengan komunitas, entah sesama ibu ataupun klub hobi seperti kelas memasak, zumba, ataupun komunitas membaca agar Mommies tetap bersosialisasi meski hampir seharian terkurung di rumah.
3. Cuek komentar negatif
Pekerjaan sebagai IRT sering dipandang ‘santai’ dan duduk-duduk aja, padahal rumah nggak akan bisa beres sendiri, jadi jalan satu-satunya untuk lepas dari stres ini adalah dengan tutup kuping, selama keluarga dalam keadaan baik, nggak ada yang salah.
4. Berdamai dengan rumah berantakan
Seharian di rumah tentu anak ngeluarin semua mainannya untuk menghilangkan bosan, Mommies berhak lelah, mengambil jeda dan membiarkan rumah berantakan, jangan terlalu memaksakan semua harus tanpa cela.
5. Jangan takut minta bantuan
Siapa bilang dengan punya ART bikin kita jadi ibu yang gagal? Kalau memang ada dana lebih, meminta bantuan orang bukan hal yang salah kok, Mommies.
Blog Post Lainnya
Media Sosial
Alamat
0812-8169-5438
Jln Tiong Atas no 146, Jakarta Selatan
Oriana ©- 2021