15 Februari 2022 2:42 pm

Kecemburuan Pada Adik Bayi

Kecemburuan Pada Adik Bayi
Wajar nggak cemburu kakak pada adik? Wajar karena rasa kecemburuan itu memang diberikan Tuhan pada kita, yang perlu diperhatikan adalah umur kakak dan jarak antar anak. Apa yang membuat kakak cemburu? Cara berkomunikasi kita yang biasa membanding-bandingkan “tuh, lihat adeknya gppa” atau bercandaan dari lingkungan "yah, enggak disayang lagi dong kamu, Mamanya lebih sayang adek”.
Jangan memposisikan anak sebagai orang dewasa karena sel-sel otak anak belum berkembang sepesat orang dewasa, saat akan memberikan pengertian pada Kakak, coba lihat dari sudut pandang si kakak.

Si Kakak yang cemburu biasanya berbuat ulah seperti menangis, menjatuhkan barang dengan sengaja, pipis di celana padahal sebelumnya sudah teratur ke toilet, sampai ikut merengek saat adik bayi digendong. Kalau udah berulah kayak gini, boleh nggak sih dihukum? Eits, jangan dulu, yuk simak gimana cara menangani kecemburuan si Kakak di bawah ini:
  1. Validasi perasaannya. Kecemburuan adalah hal alamiah, nggak bisa dilarang untuk nggak cemburu, maka validasi perasaannya terlebih dahulu. “Kakak sedih ya karena perhatiannya jadi terbagi, kakak kesepian ya karena waktu main sama Ayah dan Bunda jadi kepotong
  2. Libatkan Kakak. Kenalkan Kakak terlebih dahulu pada tamu yang menjenguk si adik dan ajak saat kerabat ingin melihat adik, “Kak, Tante-tante mau lihat adek, temenin yuk” dengan melibatkan kakak, ia tidak merasa tersisih.
  3. Bagi tugas. Kalau Mommies lagi sibuk ngurusin adek, Ayah fokus pada Kakak agar Kakak tetap merasa diperhatikan.
  4. Jangan memposisikan anak sebagai orang dewasa karena sel-sel otak anak belum berkembang sepesat orang dewasa, saat akan memberikan pengertian pada Kakak, coba lihat dari sudut pandang si kakak.
Jika Mommies sedang hamil anak kedua, maka 3 persiapan ini wajib Mommies lakukan mulai sekarang:
  1. Beri tahu kalau Mommies sedang hamil dan ada adik bayi di dalam perut, kalau perlu perlihatkan foto saat Mommies hamil si Kakak.
  2. Berbagi cerita bahwa Kakak sewaktu bayi butuh banyak perhatian karena belum bisa melakukan apa-apa sendiri, begitupun dengan adik bayi nanti, butuh banyak perhatian.
  3. Jangan ragu untuk tegur saudara ataupun tetangga yang sengaja bilang, “Kalau punya adek, kamu nggak disayang lagi lho” untuk tujuan meledek.

Blog Post Lainnya
Media Sosial
Alamat
0812-8169-5438
Jln Tiong Atas no 146, Jakarta Selatan
Oriana ©- 2021