13 Desember 2021 11:12 am

Yang Harus Diperhatikan Saat MPASI 6 Bulan Pertama

Yang Harus Diperhatikan Saat MPASI 6 Bulan Pertama
Setelah 6 bulan si kecil sudah mulai program MPASI (Makanan Pendamping ASI), tapi bagi Mommies pemula, tentu hal ini adalah tantangan baru yang membutuhkan belajar lagi tentang apa yang boleh dan tidak boleh diberikan pada si kecil sampai berapa banyak makanan yang harus diberikan, tentu porsi bayi dan orang dewasa berbeda.
Tenang, Bunda, kali ini Mommin mau share apa-apa saja yang harus diperhatikan dari MPASI 6 bulan pertama bagi si kecil, yuk disimak:
1. Berikan protein nabati dan hewani
Ternyata bayi 6 bulan sudah boleh loh diberikan protein nabati dan hewani, enggak melulu buah-buahan dan sayur.

2. Jumlah makanan & frekuensi
Mengutip dari IDAI bayi 6 bulan cukup diberikan 2 kali MPASI dengan jumlah 2-3 sendok makan sebagai permulaan. Setelah memasuki usia 7 bulan Mommies boleh meningkatkan jumlah makan perlahan hingga di usia 9 bulan asupan makannya menjadi 250 ml.

3. Tekstur makanan dan Variasi
Tekstur makanan bagi bayi usia 6 bulan harus dihaluskan seperti bubur kental. Jangan lupa berikan variasi makanan agar Mommies tau apa yang disukai si kecil. Nah, jika sudah 9 bulan ke atas boleh disajikan makanan yang dicincang halus, kasar, atau makanan yang dapat di pegang.

4. Simpan di tempat yang aman
Ingat ya, Mommies, perut bayi masih sensitif, sebaiknya simpan makanan jadi dan bahan makanan mentah terpisah dengan diberi penutup rapat. Salah-salah bisa bikin kita enggak tidur semalaman.

5. Jangan berikan ini
Bayi memang membutuhkan gula dan garam, namun semua bahan ini bisa didapat dari bauh dan protein, jadi Mommies tidak perlu menambahkan kedua bahan tersebut. Menambahkan gula bisa merusak gigi bayi dan melemahkan daya tahan tubuh hingga kemungkinan terserang diabetes lebih tinggi saat dewasa. Garam mampu merusak organ ginjal bayi hingga masalah kesehatan hipertensi saat dewasa. Jangan juga berikan madu pada anak di bawah usia 1 tahun karena mampu meningkatkan resiko penyakit botulisme pada bayi.

6. Hindari distraksi
Matikan televisi ataupun acara kesukaan si kecil saat makan agar si kecil fokus pada kegiatan makan. Akan timbul kesadaran bahwa makan merupakan kegiatan utama hingga waktu makan akan lebih efisien dan anak tahu jam berapa saja saatnya makan sebelum kembali bermain ataupun screen time.

Semoga tips dari Mommin bisa membantu Mommies agar tidak terlalu kebingungan mana saja yang boleh dan tidak boleh diberikan dalam MPASI 6 bulan pertama. Semangat MPASI-nya ya Mommies!
Blog Post Lainnya
Media Sosial
Alamat
0812-8169-5438
Jln Tiong Atas no 146, Jakarta Selatan
Oriana © 2021